Esports Menjadi Andalan Baru Indonesia Untuk Meraih Prestasi di Kancah Internasional

Esports Menjadi Andalan Baru Indonesia Untuk Meraih Prestasi di Kancah Internasional

Esports diprediksi akan menjadi olahraga terkemuka Indonesia untuk mempromosikan nama negara di arena internasional di masa depan. Dengan banyaknya jumlah gamer di Indonesia, peluang untuk menjadi juara dunia sangat besar.

Ibnu Riza Pradipto, Ketua Umum Indonesia Esports Association (IESPA), menyampaikan hal tersebut saat menjadi pembicara pada acara Kultum Kebangsaan bertema "Media Sosial, Ruang Unjuk Rasanya Anak Muda?" di Crematology X Senopati, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu, (29/3/2023). Ibnu Riza memastikan masa depan esports Indonesia sangat cerah.

"Di esports, menurut survei, terdapat 68 juta gamer aktif. Itu akan menjadi masa depan Indonesia. Kita bisa menjadi juara dunia atau meraih prestasi yang luar biasa. Kesempatan kita lebih besar daripada negara-negara berkembang lainnya," kata Ibnu Riza, yang saat ini juga menjabat sebagai Deputi CdM SEA Games 2023 Kamboja.

Menurut Ibnu Riza, potensi besar tersebut dapat mengangkat perekonomian Indonesia. Sebab, kejuaraan esports dapat memberikan dampak positif pada UMKM dan ekonomi kreatif. "Dari sisi ekonomi kreatif, perekonomian Indonesia akan meningkat," ucapnya.

Meskipun atlet esports Indonesia cukup potensial untuk menjadi juara dunia, Ibnu Riza tetap memberikan masukan kepada pemerintah untuk mengubah pola pikir generasi muda saat ini. Pola pikir lama harus ditinggalkan karena tidak lagi relevan dengan anak muda zaman sekarang.

"Ideologi kolonial harus ditinggalkan dan digantikan dengan pemikiran zaman milenial. Anak muda sekarang tidak lagi bisa dikenali dengan pemikiran lama karena mereka sudah apatis dan antipati. Kadang-kadang, kebijakan yang diterapkan justru menghambat perkembangan SDM dan anak muda," jelas Ibnu Riza.

Dia juga mencontohkan di bidang olahraga, dimana Indonesia memiliki populasi 273 juta penduduk. Namun, Indonesia masih kalah prestasi dengan negara-negara Eropa yang memiliki populasi yang jauh lebih sedikit. Melihat situasi saat ini, sudah saatnya anak muda diberi peran dalam mengambil kebijakan karena mereka juga akan berkontribusi pada nasib bangsa di masa depan.

Referensi: https://www.liputan6.com/bola/read/5247334/esports-jadi-andalan-baru-untuk-harumkan-nama-indonesia-di-kancah-internasional.