Cara Daftar Google News dengan Mudah dan Cepat

Cara Daftar Google News dengan Mudah dan Cepat

Dalam era digital saat ini, kebutuhan akan informasi semakin meningkat. Pengguna internet menginginkan akses ke informasi yang terkini dan terpercaya. Oleh karena itu, Google telah menghadirkan layanan bernama Google News. Dengan layanan ini, Anda dapat memahami bagaimana cara mendaftarkan konten berita Anda agar dapat tampil di Google.

Dalam artikel ini, kami akan membahas secara detail bagaimana cara mendaftar Google News dengan benar. Kami juga akan membagikan syarat-syarat serta langkah-langkah untuk membuat berita di Google, serta manfaat bergabung sebagai Google News Publisher.

Anda mungkin penasaran, bukan? Jadi, mari kita langsung saja menuju isi artikel selengkapnya!

Apa Itu Google News?

Sebagaimana namanya, Google News adalah layanan dari Google yang difokuskan pada penyediaan berita dari berbagai situs web di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Tampilan yang menarik dan mudah dipahami membuat pembaca dapat mengakses berita dari berbagai sumber dengan mudah, baik melalui komputer maupun perangkat seluler. Yang menarik adalah layanan ini disediakan secara gratis. Tak heran, lebih dari satu juta pengguna di Google Play telah mengunduh Google News.

Pengguna juga dapat menikmati layanan ini tanpa perlu masuk ke akun mereka. Namun, jika Anda masuk dengan akun Google, Anda akan mendapatkan konten yang dipersonalisasi, sesuai dengan minat Anda.

Salah satu kelebihan Google News dibandingkan platform lain adalah kemudahannya dalam mencari berita berdasarkan Topik, Lokasi, atau Sumber berita.

Bagi pemilik blog, mendaftar sebagai Google News Publisher dan mendapatkan tempat di sana merupakan keuntungan besar. Bayangkan, Google News menerima hingga 494 juta kunjungan setiap bulannya di seluruh dunia. Jadi, jika Anda dapat memanfaatkan platform ini dengan baik, ini akan memberikan dampak positif yang signifikan pada blog Anda.

Jangan sekali-kali menganggap Google News hanya untuk media online yang sudah populer. Cara mendaftar Google News dapat dilakukan oleh blogger biasa juga. Artinya, konten berita Anda dapat menjadi berita utama asalkan menarik dan layak untuk dipublikasikan.

Baca Juga: Cara Membuat Menu Sections di Google News untuk Blog

Syarat untuk Mendaftar di Google News

Untuk mendapatkan manfaat penuh dari Google News, Anda perlu bergabung dengan layanan ini terlebih dahulu. Secara umum, ada dua langkah yang harus Anda lakukan: cara mendaftar Google News sebagai blogger dan memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Semua ini cukup mudah, sebenarnya.

Sebelum kita membahas cara mendaftarkan artikel di Google News, mari kita lihat syarat-syaratnya terlebih dahulu:

1. Buatlah Blog Berita

Hanya memiliki konten berita saja tidak cukup; Anda juga harus mengikuti panduan cara membuat berita di Google. Hal ini sangat penting ketika Anda ingin mendaftarkan artikel ke Google News.

Anda harus memahami bahwa proses seleksi oleh tim Google setelah Anda mendaftar dilakukan secara manual. Mereka akan memastikan bahwa blog Anda sesuai dengan tujuan layanan mereka: memberikan berita terbaru dan relevan.

Jadi, jika Anda ingin mendapatkan tempat di Google News, pastikan blog Anda memiliki konten berita, apa pun niche atau jenis berita yang Anda pilih. Membuat blog berita tidaklah terlalu sulit, dan jika Anda ingin membuat situs web berita dengan mudah dan cepat, kami memiliki panduan lengkap untuk Anda.

2. Ciptakan Konten Berkualitas

Menghasilkan konten berkualitas adalah kunci untuk mendapatkan peringkat tinggi di mesin pencari. Hal ini juga berlaku dalam Google News Publisher. Apa yang dimaksud dengan cara membuat konten berita di Google yang berkualitas?

Tidak Menjiplak Konten Orang Lain

Selalu buatlah konten Anda sendiri. Memiliki konten yang unik adalah kunci kesuksesan sebuah blog. Anda dapat melakukan penelitian sendiri untuk berita yang ingin Anda tulis. Meskipun Anda bisa sesekali mengutip berita dari sumber lain, pastikan Anda selalu menulisnya dengan gaya Anda sendiri. Dengan begitu, Google News akan menganggap konten Anda sebagai berita baru.

Fokus pada Satu Jenis Berita

Selain memastikan bahwa konten Anda tidak bercampur dengan konten lain, sebaiknya blog Anda hanya fokus pada satu jenis berita saja. Misalnya, Anda dapat memilih untuk menulis tentang berita teknologi atau gawai (gadget). Ini akan mempermudah pengunjung untuk memahami konten blog Anda. Selain itu, Google News akan lebih mudah mengkategorikan blog Anda. Bahkan jika Anda dapat membuat berita yang mendalam (in-depth news), peluang Anda untuk menjadi berita utama akan semakin besar.

Selalu Terupdate

Blogging berita memerlukan Anda untuk menghasilkan konten setiap hari. Ini sesuai dengan karakteristik berita yang menuntut penerbitan lebih dari satu artikel setiap hari dan selalu diperbarui.

Jika Anda merasa sulit untuk melakukannya sendiri, Anda dapat mempekerjakan beberapa penulis untuk membuat artikel yang berbeda dan mempublikasikannya pada hari yang sama. Ini adalah taktik yang sering digunakan oleh situs web berita lain, setidaknya sebagai langkah awal ketika mengikuti cara mendaftar Google News.

Hindari Konten yang Dilarang

Memiliki konten yang unik bukan berarti Anda bisa menulis berita tentang apa saja. Google News Publisher telah menetapkan bahwa konten yang mengandung kekerasan, kebencian, konten seksual, atau melanggar hak cipta sangat dilarang.

Jika blog Anda terkait dengan konten-konten tersebut, Google News akan menolak pendaftaran Anda.

3. Perhatikan Struktur Blog Anda

Dari segi teknis, Google News akan lebih menerima pendaftaran blog Anda jika Anda mengikuti pedoman berikut:

Gunakan URL yang Unik dan Tidak Berubah

Google News Publisher secara jelas menyebutkan bahwa jika URL konten Anda selalu berubah, blog Anda tidak akan dimasukkan ke dalam Google News. Alasannya adalah bahwa mesin pengindeks Google yang digunakan untuk mendeteksi konten berita tidak dapat beroperasi dengan baik dalam kondisi seperti itu.

Tampilkan Tampilan yang Menarik dan Responsif

Memiliki tampilan blog yang menarik, baik di desktop maupun perangkat seluler, sangat penting. Google News memberikan prioritas pada blog yang memenuhi kriteria ini untuk meningkatkan kenyamanan pengguna.

Namun, penting untuk diingat bahwa blog Anda sebaiknya tidak menggunakan terlalu banyak efek JavaScript. Sesuai dengan panduan yang diberikan oleh Google, blog dengan kode pemrograman yang sederhana lebih diutamakan.

Gunakan Navigasi yang Mudah

Jika blog Anda memiliki beberapa halaman utama, pastikan bahwa navigasi dari satu halaman ke halaman lainnya mudah. Navigasi di blog Anda adalah salah satu faktor dalam proses seleksi atau kurasi oleh Google News.

4. Jelaskan Identitas Blog Anda dengan Baik

Informasi tentang blog Anda sangat penting dalam proses verifikasi. Pastikan bahwa penulisan tentang blog Anda sudah benar sebelum Anda mulai mendaftar. Selain itu, halaman "About" Anda harus mampu menjelaskan identitas blog Anda dengan baik.

Selanjutnya, jika Anda memiliki beberapa kontributor atau penulis konten berita di blog Anda, profil mereka harus disebutkan dengan jelas. Tidak hanya mencantumkan nama mereka, tetapi Anda juga dapat menampilkan foto dan latar belakang singkat tentang profesi mereka.

Google News memberikan kesempatan untuk melakukan koreksi jika ada kesalahan penulisan setelah Anda terdaftar. Namun, melakukannya dengan benar sejak awal adalah langkah yang bijak.

Baca Juga: Cara Daftar Google AdSense, Mudah dan Praktis!

Cara Mendaftarkan Blog di Google News

Setelah Anda memenuhi syarat-syarat di atas, langkah selanjutnya adalah cara mendaftarkan artikel di Google News Publisher.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mendaftarkan blog Anda di Google News:

1. Masuk dengan Akun Google

Silakan buka Google News Publisher dan masuk menggunakan akun Google Anda.

2. Verifikasi Kepemilikan Website

Jika Anda belum pernah melakukan verifikasi kepemilikan situs web Anda sebelumnya, Anda akan diminta untuk melakukannya terlebih dahulu menggunakan Google Search Console. Panduan lengkapnya dapat Anda temukan di tautan yang disediakan. Pastikan juga untuk menambahkan peta situs XML dari blog berita Anda. Tujuannya adalah agar Google News selalu memperbarui perubahan yang terjadi di blog Anda.

3. Masuk ke Google News Publisher Center

Pertama, silahkan masuk ke google, lalu ketikkan google news publiser center.

4. Tambahkan Blog Anda

Pilih opsi "Want to suggest a website for Google News? Click here." Ini akan membawa Anda ke halaman permintaan pendaftaran ke Google News.

5. Isi Informasi Tentang Blog Anda

Anda akan diminta untuk mengisi beberapa informasi yang akan digunakan dalam proses kurasi oleh tim Google. Pastikan mengisi informasi yang diminta dengan benar:

Informasi Umum

  •   Tentang situs berita Anda: Berikan informasi rinci tentang blog berita yang Anda daftarkan.

Informasi Situs

  • URL Sumber: URL situs berita Anda.
  • Nama Sumber: Nama blog Anda.
  • Bahasa Situs: Bahasa yang digunakan di blog dan konten berita Anda. Harap diingat bahwa Google News hanya memperbolehkan penggunaan satu bahasa.
  • Kota, Negara/Provinsi, dan Daerah: Alamat lengkap Anda.
  • Pilih Semua Kategori yang Berlaku untuk Konten Situs Anda.
  • Konten pendapat: Jika Anda memuat konten opini dalam publikasi Anda.
  • Konten yang dihasilkan oleh pengguna: Jika konten yang dihasilkan oleh pengguna telah melalui proses penyuntingan di situs Anda.
  • Blog: Centang opsi ini.
  • Rilis pers: Jika Anda juga menerbitkan rilis pers.
  • Parodi: Jika blog Anda berfokus pada konten parodi.

Informasi Bagian Berita

  • URL: Nama domain dan subdomain yang ingin Anda tambahkan.
  • Label: Jenis berita yang Anda tampilkan.

6. Selesai

Setelah semua informasi diisi dengan benar, klik "Submit."

7. Tunggu Proses Review dari Google

Selanjutnya, tim Google akan melakukan proses review yang biasanya memerlukan waktu satu hingga tiga minggu. Selama Anda telah memenuhi semua syarat, langkah pendaftaran Google News ini akan berjalan dengan lancar.

Manfaat Mendaftar di Google News

Cara mendaftar Google News menawarkan berbagai manfaat bagi pemilik blog yang berhasil menjadi bagian dari layanan ini.

Apa saja manfaatnya? Mari kita bahas satu per satu:

1. Lebih Mudah Muncul di Halaman Pertama Mesin Pencari

Jika Anda memiliki konten berita yang unik dan berkualitas, Google News Publisher tidak akan ragu untuk menempatkannya dalam daftar Berita Utama. Dengan demikian, Google akan menganggap bahwa situs web Anda layak untuk berada di puncak hasil mesin pencari. Sebagai contoh, ketika Anda mencari sesuatu di Google, berita dari situs seperti CNBC Indonesia akan muncul di sana.

Mendapatkan posisi teratas di mesin pencari bukanlah hal yang mudah. Anda harus terus melakukan optimasi mesin pencari atau SEO. Namun, dengan memanfaatkan Google News sebaik mungkin, mencapai posisi teratas di Google bukanlah hal yang mustahil.

2. Peningkatan Jumlah Pengunjung

Manfaat kedua dari cara mendaftar Google News adalah peningkatan jumlah pengunjung.

Semakin mudah konten Anda ditemukan, semakin besar peluang blog Anda akan dikunjungi. Selain itu, pengunjung blog Anda kemungkinan besar akan berasal dari lalu lintas yang relevan dan berkualitas.

Mengapa begitu? Karena fitur konten yang dipersonalisasi berperan besar di sini. Pengunjung yang mengunjungi blog Anda akan senang menemukan konten yang sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka.

3. Efektif sebagai Media Branding

Jika blog Anda menyajikan konten yang bagus, ini akan berdampak positif. Pengunjung akan sering kembali ke blog Anda, dan Anda akan dianggap sebagai ahli di bidang tersebut. Hal ini akan membantu Anda membangun citra merek untuk situs web Anda.

Sebagai contoh, Techcrunch adalah situs web yang fokus pada berita teknologi. Mereka mencakup berbagai topik teknologi, termasuk ulasan tentang startup, aplikasi desktop dan seluler, hingga acara teknologi tahunan. Jika Anda adalah penggemar otomotif, Anda mungkin bisa mengambil inspirasi dari apa yang dilakukan oleh Iwan Banaran.

4. Peluang Mendapatkan Backlink yang Banyak

Backlink adalah tautan dari situs web lain yang mengarah ke situs web Anda. Sebagai blogger, Anda pasti tahu bahwa backlink memiliki peran besar dalam meningkatkan kredibilitas blog Anda.

Ketika Anda mengikuti cara mendaftarkan artikel di Google, konten Anda memiliki peluang untuk direkomendasikan oleh Google News. Jika ini terjadi, konten Anda akan menjadi referensi yang terus diperbarui tentang suatu topik.

Jika blogger lain memerlukan referensi tambahan, mereka akan mencari sumber yang terpercaya. Sumber tersebut bisa saja adalah konten di blog Anda.

Semakin banyak backlink yang Anda dapatkan, semakin terpercaya blog Anda di mata mesin pencari.

5. Tidak Perlu Mengeluarkan Biaya Iklan

Menggunakan berbagai jenis iklan online untuk mempromosikan blog adalah hal yang umum. Namun, jika Anda dapat mendapatkan lalu lintas yang sama tanpa biaya, tentu saja itu lebih baik.

Dengan cara membuat berita di Google, layanan ini berpotensi membawa lalu lintas organik ke blog Anda. Lalu lintas organik adalah kunjungan yang berasal dari mesin pencari dan Anda tidak perlu membayar sepeser pun untuk ini.

Siap untuk Mendaftar di Google News?

Itulah cara mendaftarkan blog Anda di Google News. Mudah, bukan? Yang perlu Anda lakukan adalah memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan dan mengikuti langkah-langkah untuk mendaftarkan artikel Anda di Google serta mengisi informasi yang diperlukan oleh Google.

Jika konten berita Anda berhasil muncul di Google News, maka Anda akan memiliki peluang untuk mendapatkan posisi teratas di mesin pencari. Selain itu, peningkatan jumlah pengunjung blog Anda hanyalah masalah waktu. Yang tidak kalah penting, Anda dapat membangun citra merek yang kuat untuk blog Anda dengan tujuan jangka panjang.